Rabu, 16 Desember 2009

Hubungan Diet dengan Warna Makanan

diet dengan warna makananHubungan diet dengan warna makanan menurut David Heber, MD, Ph.D., penulis What Color is Your Diet? Jenis sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi menentukan keberhasilan seseorang yang sedang menjalankan program pengendalian berat badan.
Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah dan sayuran tersebut juga dapat mencegah kanker.
Gagasan utama program diet ini adalah bahwa setiap bahan makanan memiliki warna khas, yang melambangkan kandungan nutrisi di dalamnya. Ditengarai, semakin nyata warna sayur dan buah semakin tinggi kandungan nutrisinya.

Menurut Heber kode warna diet makanan adalah sebagai berikut:

  • Merah. Contoh: Tomat dan Semangka. Sayuran dan buah-buahan berwarna merah diketahui mengandung likopen, zat yang berperan menjaga kesehatan sel, dan mampu mengurangi risiko kanker.
  • Jingga. Contoh: Wortel dan Mangga. Warna jingga yang dimiliki buah dan sayuran menandakan adanya kandungan alfa dan betakaroten. Dua jenis unsur nutrisi ini jika dikonsumsi cukup, akan bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Kuning. Contoh: Jeruk dan Pepaya. Buah-buahan yang berwarna kuning diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk melindungi sel tubuh. Selain itu juga mengandung betacryptoxanthin, salah satu komponen karotenoid.
  • Hijau. Contoh: Sayuran brokoli, kubis, bok choi, serta kubis brussel. Warna hijau pada sayuran menandakan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles, yang menurut Heber dapat merangsang lever untuk membuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker.
  • Putih kehijauan. Contoh: bawang putih, bawang bombai, seledri, dan pir. Makanan berwarna putih banyak mengandung flavonoid yang dapat melindungi membran sel.


2 komentar:

Tungsten Rings mengatakan...

setelah lama penasaran dengan diet,,ternyata disini lebih lengkap penjelasannya.. salam kenal..

Admin mengatakan...

wahh baru tahu deh ternyata dari warna sudah bisa terdeteksi kandungan vitaminya tak pikir harus masuk lab duluuu

Posting Komentar

Anda ingin sehat, menurunkan berat badan, dengan nutrisi dari herbalife kami jamin 30 hari uang kembali

Arsip Blog

Guest Book

 

© 2009 -NUTRISI SEHAT | Blogger Template Designed by Choen | Using The 1KB Grid | Powered by Blogger